Cara Mengganti Gambar Xsplash Pada Ubuntu 9.10

Selamat malam NightWalker Team.. Dengan pengetahuan yang masih Newbie dalam Sistem Operasi Linux saya ingin berbagi dengan semua Teman – Teman disini. Distro Linux yang pertama saya pake adalah Zenwalk, tetapi sekarang saya menggunakan Ubuntu 9.10. ini pengalaman saya ketika saya ingin merubah tampilan xsplash pada ubuntu kesayangan saya. Mungkin ini bad tutorial tapi mungkin dari rekan-rekan ada yang belum tau juga.
Oke gambar xsplash pada ubuntu 9.10 terdapat pada

/usr/share/images/xsplash

Dalam Tutorial ini saya mengedit gambar xsplash yang ada pada /usr/share/images/xsplash tersebut.

Pertama login ke root dan copy semua gambar /usr/share/images/xsplash

root@xcrasys:/usr/share/images/xsplash# ls

bg_2560x1600.jpg logo_large.png logo_medium.png logo_small.png logo_xtra_large.png
throbber_large.png throbber_medium.png throbber_small.png throbber_xtra_large.png

root@xcrasys:/usr/share/images/xsplash# cp *.* /root/Gambar/xsplash

Perintah diatas berarti kita mengkopi semua file yang terdapat di /usr/share/images/xsplash kedalam /root/gambar/xsplash setelah itu editlah semua gambar tersebut sesuai hati anda, bisa menggunakan Gimp / Adobe Photoshop di Windows. Untuk mempersingkat saya tidak menjelaskan cara pengeditan gambarnya.
Pertama-tama, komponen xsplash ada pada /etc/gdm/Init/Default dan /etc/gdm/PreSession/Default. Oke, itu berarti dia diload dari init.

root@xcrasys:~$ cat /etc/gdm/Init/Default

#!/bin/sh
# Stolen from the debian kdm setup, aren’t I sneaky
# Plus a lot of fun stuff added
# -George
PATH=/usr/bin:$PATH
OLD_IFS=$IFS…..

Setelah melakukan pengeditan gambar kamu perhatikan ini. Ini adalah cara untuk melihat hasil dari yang kita bikin.
Kamu masuk kedalam Folder gambar xsplah yang kamu bikin tadi.
Contoh :

root@xcrasys:~/Gambar/xsplash# ls

bg_2560x1600.jpg logo_large.png logo_medium.png logo_small.png
logo_xtra_large.png throbber_large.png throbber_medium.png
throbber_small.png throbber_xtra_large.png

Diatas tempat saya menyimpan gambar xsplash yang telah saya edit. Untuk Previewnya saya lakukan perintah ini.

sudo xsplash -b bg_2560x1600.jpg -l logo_medium.png -t throbber_medium.png

-b merupakan elemen background
dan nama = bg_2560x1600.jpg – nama dari backgroundnya.
-l merupakan elemen logo
dan nama = logo_medium.png – nama dari logonya.
-t merupakan elemen throber/loading itul
dan nama = throbber_medium.png – nama dari throbbernya.

itu tampilan preview xsplash image kita yang telah dibikin. Jika kamu rasa semua nya sudah jadi. Tinggalah kamu ganti gambar xsplash pada /usr/share/images/xsplash

Dengan gambar xsplash yang telah kamu bikin tadi. Sekarang kamu bisa menikmati xsplash image bikinan sendiri.bagi yang udah tau dan ada kesalahan dalam tutorial ini saya minta masukan anda.

Soalnya nih cara saya juga belajar dari forum – forum linux. Kayaknya itu aja deh dari Uzuma doneza soalnya mau mandii,
nyuci, nyari makan, secara anak kost saya nieh.hahaha
oke teman – teman semoga berhasil ya.
G’d luck..

Sumber : Nightwalker Team

About heni
I ♡ movie, traveling, fruits Worry less smile more fell happy anyway :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: