Troubleshooting touchpad ubuntu 9.10

Selamat malam nightwalker team se-Indonesia. Beberapa waktu lalu saya berulang tahun, dan saya mendapat kado sebuah NOTEBOOK AVERATEC BUDDY yang sudah terinstall windows asli. Namun tanpa keraguan saya Meremove OS tersebut dan menggantinya dengan yang lebih canggih (UBUNTU 9.10). Tapi eh.. eh.. tapi… Ternyata Touchpad-nya tidak berfungsi.

Lalu, dengan kemampuan berbahasa Inggris saya yang pas-pasan saya Googling dan mencari petunjuk.

Akhirnya Ketemu juga, Anda hanya diminta menambahkan script “i8042.noloop=1” pada file grub.cfg yang terdapat pada direktori /boot/grub

Script tidak saya ketik keseluruhan, coZ pegel,,
Perhatikan saja script dibawah ini:

caranya:
anda harus login root
kemudian ketikan perintah

#nano /boot/grub/grub.cfg

Pada Bagian :
### BEGIN /etc/grub.d/10_linux ###
recordfail=1
———————————————-
———————————————-
———————————————-
————————————- roi8042.noloop=1 quiet splash

kemudian tekan ctrl+o (write out)
dan tekan enter kemudian ctrl+x

atau jika gk mau masuk console,
anda bisa tekan alt+f2 kemudian ketikkan gksu nautilus kemudian masukkan password (untuk login root via GUI), next, menuju ke file system/boot/grub/ kemudian klik file grub.cfg dan tambahkan script i8042.noloop=1 seperti cara di atas dan jangan lupa di save. Semoga apa yang saya sampaikan bisa membantu anda. dan Selamat mencoba.

note: “tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat..”

Sumber : Nightwalker Team

About heni
I ♡ movie, traveling, fruits Worry less smile more fell happy anyway :)

Leave a Reply

