HTML dasar part 2

Pada bagian kedua , atau lanjutan dari artikel sebelum nya mengenai HTML dasar kali ini , kita akan membahas tentang Format halaman dan Paragraf . Anda dapat membuat pendeklerasian latar belakang atau background halaman dengan attribut yang di sisipkan pada Tag <body> , sehingga attribut tersebut akan mempengaruhi semua halaman web yang telah di buat .

Berikut ini cara memasukan attribut kedalam Tag body :

<body attribut=”value”>.. isi .. </body>

untuk memberi warna , pada latar belakang pada sebuah halaman website , anda dapat menggunakan attribut seperti di bawah ini :

<body bgcolor=”black”> .. isi web .. </body>

Anda dapat menggunakan warna yang berupa kode ASCII yang di dahului dengan tanda pagar (#) atau anda juga dapat mengetikan nama warna nya dalam bahasa inggris seperti contoh di atas🙂 .

Selain memberikan warna anda juga dapat menggunakan gambar sebagai komponen latar belakang . Attribut yang di gunakan untk memasukan gambar sebagai media latar belakang seperti di bwah ini :

<body background=”alamat file”> .. isi web .. </body>

yang di maksud alamat file , adalah path atau letak file yang d gunakan untuk background latar belakang . Jika anda ingin menggunakan gambar yang ada di internet maka anda harus menuliskan alamat lengkap nya seperti http://www.terserah.com/gambar/kiting.jpg .

Pada halaman web , secara default warna text yang di gunakan adalah hitam . Untuk mengubah nya anda dapat mendeklerasikn attribut text seperti di bawah ini :

<body text=”white”> .. isi web .. </body>

Dalam sebuah website tentunya akan terdapat link , link merupakan simbol yang di gunakan sebagai acuan untuk menuju halaman website lain . Nah , kini kita akan memberikan warna pada link . HTML mengenal 3 macam attribut dalam mendeklerasikan ny , diantaranya :
link , vlink , dan alink . Berikut ini deklarasi ny :

<body link=”yellow” vlink=”red” alink=”blue”>

link merupakan warna link yang belum di kunjungin , vlink merupakan warna yang telah di kunjungin link nya , alink merupakan warna yang telah aktif setelah di kunjungi halaman nya .

Kita lanjutkan ke Penempatan area kerja , anda dapat menentukan area kerja di tengah halaman atau di pinggir halaman . Untuk menentukan letak area kerja anda dapat menggunakan attribut seperti di bawah ini :

<body leftmargin=”100″ topmargin=”100″ marginwidth=”40″ marginheight=”40″> isi web disini , ini adalah contoh penempatan area kerja</body>

apabila di buka di browser maka area kerja anda akan berada pada titik 100, 100 dengan lebar batas 40 dan tinggi batas 40 .

Dngan demikian berakhir pula lah tutor dasar HTML yang kedua , kita lanjut lagi ke part 3 nanti , xixixixi .. :D~~ .

About heni
I ♡ movie, traveling, fruits Worry less smile more fell happy anyway :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: