Mengenal KDE dan Sejarah nya

Hujan lagi , hujan lagi dan hujan lagi ..😛 . malam ini saya mencoba untuk menulis sebuah artikel ringan tentang sejarah KDE , huehue .. :D~~ . KDE (K Desktop Environment, awalnya singkatan dari Kool Desktop Environment) adalah sebuah lingkungan desktop dengan antarmuka grafis (GUI), digabungkan bersama program lain yang melengkapinya untuk kenyamanan penggunaan komputer sehari-hari. Dikembangkan terutama untuk Sistem Operasi keluaga Unix seperti Linux, BSD atau Solaris .

KDE dapat dijalankan di Windows menggunakan program Cygwin dan via Fink bisa juga dijalankan di Mac OS X . Proyek KDE didirikan pada tanggal 14 Oktober 1996 oleh Matthias Ettrich , ketika ia sedang menuntut ilmu di Universitas Tubingen , Jerman dengan mengumumkan detil dari proyek KDE kepada komunitas pengembang . Sebagai langkah awal ia merujuk fungsionalitas sebuah Unix Desktop proprietari CDE untuk diorientasikan pada pengembangan KDE . Sejak awal , KDE dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman C++ dan memanfaatkan pustaka Qt dari Trolltech.

Karena tujuannya yang relatif ambisius, tentu saja makan waktu cukup lama bagi tim KDE (yang dikepalai oleh Matthias) untuk menelurkan versi pertama dari KDE .Apalagi , karena betul-betul dibangun dari awal , maka terdapat banyak sekali pekerjaan-pekerjaan berat (yang sifatnya membangun fondasi dasar) yang harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh . Tim ini juga memutuskan untuk menggunakan berbagai lisensi perangkat lunak open-source untuk KDE dan infrastrukturnya.

Setelah penuh perjuangan mendesain , memprogram , dan menyusun berbagai komponen yang diperlukan bagi terwujudnya sebuah lingkungan desktop yang baik , maka , pada musim panas tahun1998 menandai dilepasnya KDE 1.0 , versi stabil pertamayang dapat diinstalasi dan dinikmati oleh pengguna Linux . Tidak hanya itu ,KDE juga tersedia untuk varian Unix yang lain, antara lain FreeBSD , HPUX , dan Solaris. Sepuluh tahun kemudian dimensi program yang dihasilkan saat ini mencapai sekitar empat juta baris dengan komunitas pengembang sekitar 800 pemrogram relawan dari seluruh penjuru dunia.

Hampir dua tahun berlangsung sampai versi KDE 1.0 siap dipentaskan dan dipresentasikan ke publik . Ia disambut oleh komunitas Unix tidak lepas dari pro dan kontra dan membuahkan banyak kritik terutama karena menggunakan komponen Qt yang belum dibebaskan. Sebagai alternatif untuk Qt pada saat itu tersedia Motif termasuk versi bebasnya LessTif yang telah memiliki sejumlah pendukung . Namun, secara keseluruhan masyarakat pengguna Unix telah menerima kehadiran KDE 1.0 secara positif, dan kini ia siap untuk dikemas bersama distribusi-distribusi Linux, BSD atau keluarga Unix lainnya. Semua kritik telah dijadikan pendorong untuk kelanjutan pengembangan KDE .

Seperti kita ketahui bersama , saat ini KDE telah banyak di gunakan oleh beberapa Distro-distro Linux besar , seperti : Slackware , Mandriva , Kubuntu , Slax , Backtrack , SimplyMepis , dll . Dan saat ini sudah banyak pula aplikasi-aplikasi yang ada di KDE , seperti : Koffice, PDF Reader, Kaffeine, amaroK, kde-tv, K3B, dll. KDE bisa di download di situs resminya: http://www.kde.org . Yups , mungkin sekian dulu artikel tentang sejarah KDE , bila ada hal menarik tentang KDE lain nya , kita bahas di artikel-artikel berikut nya , akhir kata ,
Sampai Jumpa dan Selamat tidur .. :D~~

Sumber : Nightwalker Team

About heni
I ♡ movie, traveling, fruits Worry less smile more fell happy anyway :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: