Remote Directory & Gnome Text Editor

Untuk melakukan Editing , Design & Development terhadap sebuah halaman website, terkadang kita membutuhkan sebuah text editor yang dapat melakukan remote editing terhadap suatu protokol network tertentu (sebagian besar menggunakan FTP atau File Transfer Protocol). Dilingkungan Windows sebagian Designer menggunakan Notepad++ atau Macromedia Dreamweaver untuk menangani masalah tersebut.

Namun saat bekerja di lingkungan Unix Like misalnya Linux, Aplikasi tersebut tidak akan kita temukan, terkecuali dipaksakan berjalan diatas sebuah Windows Emulator (umumnya Wine).

Sebagai Distribusi yang paling banyak digunakan Ubuntu dengan Gnome Desktopnya menjadikan GEdit atau Gnome Text Editor Sebagai Default Text Editor yang digunakan, dan yang disayangkan, kelihatanya aplikasi ini belum bisa melakukan Editing secara remote baik mengguanakan FTP, FTPS, SSH atau lainya. Secara Default GEdit hanya dapat melakukan editing file sacara local saja. Alternatif lain yang dapat digunakan untuk melakukan remote editing ini adalah dengan menggunakan Eclipse yang sudah di lengkapi dengan Aptana Plugins, dengan Eclipse + Aptana kita dapat dengan mudah melakukan remote editing file.

Hal yang sangat perlu diperhatikan sebelum memilih Eclipse + Aptana adalah mengenai Resource memory yang digunakan, tentunya akan sangat besar, sehingga membuat proses menjadi lambat. Berbeda dengan GEdit yang memang membutuhkan resource memory kecil untuk prosesnya. Dengan menggunakan sedikit Trik yang sangat sederhana, kita tidak lagi membutuhkan Eclipse + Aptana untuk dapat melakukan remote file editing. caranya adalah sebagai berikut.

Pertama tama buka Nautilus File manager (File Manager Default Gnome), setelah nautilus terbuka klik pada menu File -> Connect To Server. dan Nautilus pun akan membuka sebuah Dialog Connect To Server. Tentukan jenis remote yang akan diguanakan, disana akan disediakan beberapa optional seperti SSH, FTP (With Login), Public FTP, Windows Share, dll. Silahkan pilih jenis koneksi yang akan diguankan. Misalkan FTP (With Login). Setelah mementukan jenis koneksi, berikutnya adalah menentukan alamat server yang akan di akses, isi dengan IP Address atau Domain Name dari server FTP anda, Isi Input text Port jika port yang digunakan bukan port default untuk FTP, Isi Input Text Folder dengan nama folder yang akan di inisialisasikan sebagai PATH awal anda di server, misalnya public_html, kemudian isikan Username dari Account FTP tersebut.

Berikutnya adalah Bookmark, sebaiknya anda membuat bookmark untuk koneksi tersebut, agar ketika akan meng akses kembali anda dapat mengaksesnya dengan cepat melalui bookmark yang telah dibuat. Untuk membuat Bookmark tersebut Checklist bookmark dan isikan nama yang akan digunakan untuk koneksi tersebut pada Input Text Bookmark.

Connect To Server

Setelah semua properties yang dibutuhkan terisi berikutnya klik tombol konek di bagian bawah dialog, dan prompt password pun akan muncul, isi sesuai dengan password yang digunakan oleh Username FTP account yang dimasukan tadi, dibagian ini terdapat tiga option yang harus anda pilih yaitu untuk mode mengingat password yang ankda masukan, apak akan disimpan pada saat itu saja, disimpan sampai anda logout, atau di simpan selamnya. Silahkan pilih sesuai kebutuhan anda. setelah proses authentifikasi selesai, maka initial direktory pun akan di mounting pada sistem anda, setelah ter-mounting inilah baru kita dapat menggunakan GEdit untuk mengedit file-file text yang kita inginkan.

Langkah-langkah tersebut kelihatanya merupakan langkah yang paling sederhana dalam remote editing, karena semua proses dilakukan dengan menggunakan mode window dan dialog, selain langkah tersebut anda dapat juga mengguanakan nfs, sshfs, ftpfs, atau smbfs untuk me-mounting remote file atau direktori untuk berbagai keperluan. Dengan menggunakan trik tersebut anda tetap dapat melakukan remote text file editing tanpa harus mengguankan resource memory yang besar untuk menjalankan aplikasi IDE seperti Eclipse + Aptana.

Selamat Mencoba.

About heni
I ♡ movie, traveling, fruits Worry less smile more fell happy anyway :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: